Header Ads Widget

Mengenal Suku Badui yang sangat kental dengan Warisannya


MagazinePlus - Indonesia merupakan negara yang kaya dengan budaya, suku, agama, dan rasnya. Indonesia juga kaya dengan alamnya. Banyaknya pegunungan, sungai, hutan dan lainnya yang masih asri tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Salah satu suku yang sangat kental dengan alam dan budaya nya ialah Bernama suku Badui yang berada di Lebak, Provinsi Banten, Jawa Barat.  Secara nasional, Suku Badui dipimpin oleh kepala desa yang disebut Jaro Pamarentah. Sedangkan secara adat, Suku Badui di pimpin oleh Pu’un.


Suku Badui adalah sekelompok suku adat sunda yang masih sangat tertutup dengan dunia modernisasi. Bukan hanya menarik diri dari dunia teknologi, tetapi juga cara berpakaian, pola hidup dunia luar serta dalam hal Pendidikan. 


Hal ini dianggap oleh masyarakat Badui sangat bertentangan dengan adat istiadat dan merekaingin tetap selalu menjaga warisan adat serta tanah nenek moyang mereka. Suku Badui juga menganggap bahwa hal yang berkaitan dengan modernisasi ataupun dunia luar akan mengganggu kelangsungan hidup alam yang ada di Badui. Maka dari itu, mereka akan terus menutup diri dari dunia modernisasi ataupun dunia luar supaya warisan dan tanah nenek moyang mereka tetap terjaga. 


Dalam kesehariannya, Suku Badui selalu memakai baju adat Suku Badui. Dalam tradisi Suku Badui juga dilarang untuk memakai sendal atau alas kaki. Larangan ini anggap Suku Badui sebagai salah satu bentuk rasa syukur terhadap tuhan yang maha esa. Mengenai agama yang di anut oleh suku badui ialah sunda wiwitan. Sunda wiwitan adalah suatu kepercayaan yang di anut dengan bentuk pemujaan terhadap kekuatan alam dan leluhur yang sudah menyatu dengan alam.


Adapun pakaian adat suku badui yang kerap digunakan dalam keseharian mereka ialah Bernama telekung dan kutung/jamang sangsang. Telekung ini ialah ikatan kepala yang merupakan hasil tenun masyarakat Badui. Sedangkan kutung/jamang sangsang ialah baju berlengan Panjang tanpa kerah. Suku Badui terdiri dari dua wilayah yaitu terdiri dari suku badui dalam dan suku badui luar. Perbedaan diantara mereka ialah Suku badui luar sudah mengenal dunia modernisasi dan tidak terlalu menarik diri dari teknologi dan Mereka mempunyai ciri khas pakaian berwarna hitam dan ikat kepala berwarna biru. 


Yang dimaksud Suku badui dalam ialah suku yang masih belum mengenal dunia modern dan masih menarik diri dari dunia luar. Biasanya mereka memakai berupa pakaian dan ikat kepala berwarna putih. Selain perbedaan cara berpakaiannya. Tiap Suku Badui juga mempunyai kelestarian alam yang berbeda. Suku Badui dalam kelestarian alam nya lebih terjaga di bandingkan Suku Badui yang sudah mengenal dunia luar.


Jumlah penduduk suku badui saat ini sekitar 26.000 penduduk. Suku Badui ialah suku yang masih mempertahkan alamnya. Maka dari itu, kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai petani dan sebagian dari mereka berprofesi sebagai pedagang dan pemandu wisata. 


Penulis : Aisyah Indyani

Editor : Karin Evina T



Post a Comment

0 Comments