Header Ads Widget

Mengenal Makanan Rendang khas Minangkabau yang menjadi Juara makanan terenak di Dunia


MagazinePlus - Mendengar kata rendang pasti tidak asing lagi di dengar oleh Sebagian besar masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, rendang merupakan salah satu makanan yang popular di Indonesia. Bahkan makanan ini dapat kita jumpai di berbagai daerah Indonesia. 

Rendang merupakan makanan khas indonesia yang telah memenangkan kategori makanan terenak di dunia versi CNN Internasional dan Unesco. Makanan ini berasal dari suku Minangkabau, Sumatra Barat, Indonesia.

Berbahan dasar daging sapi atau kerbau dengan dipadukan dengan beragam aneka rempah-rempah Indonesia serta memakai santai dan dimasak dalam waktu yang lama membuat makanan khas Sumatra barat ini menjadikan makanan ini sebagai makanan terenak nomor 1 di Indonesia.

Masakan tradisional khas Minangkabau ini memang sangat istimewa. Tidak hanya membutuhkan sebuah Teknik dalam memasak makanan ini, melainkan Di daerah asalnya, Rendang disajikan di berbagai upacara adat diantaranya upacara adat Minangkabau, kenduri atau menyambut tamu kehormatan. 

Makanan ini juga memiliki arti yang mendalam bagi masyarakatnya yatiu musyawarah dan mufakat. Berikut makna yang terkandung dalam makanan rendang khas Sumatra barat. Daging sapi di lambangkan sebagai para pemimpin suku adat, kelapa dilambangkan kaum intelektual, cabai dilambangkan yang tegas untuk mengajarkan syariat afama dan bumbu dilambangkan keseluruhan masyarakat Minangkabau.


Penulis : Aisyah Indyani

Editor : Asep Prismana


Post a Comment

0 Comments