Header Ads Widget

5 Aturan Waktu Untuk Makan Ini Ternyata Tubuh Cepat Langsing.


MagazinePlus - Selain memilih makanan sehat, waktu makan juga perlu diatur. Agar penurunan berat badan bisa optimal. Ini aturan makan yang bisa diterapkan.

Ketika sedang menjalankan program diet, sebaiknya jauhi makanan tinggi kalori, berminyak hingga banyak mengandung gula. Selain ini waktu makan dan ngemil juga harus dilakukan secara teratur.

Berikut ini 5 aturan waktu makan yang bisa Anda ikuti agar tubuh bisa tetap langsing.

1. Tiga kali makan
Sarapan, makan siang dan makan malam menjadi efektif untuk turunkan berat badan jika Anda makan tak berlebihan namun kenyang. Asupan kalori harian juga harus lebih rendah, akan tetapi kebutuhan protein tetap harus 30 gram sekali makan untuk memaksimalkan sintesis protein.

Agar diet Anda berhasil, pastikan tidak melewatkan sarapan dengan kandungan protein cukup. Perbanyak sayur dan buah agar kenyang lebih lama namun kandungan kalorinya rendah dibandingkan dengan karbohidrat atau makanan manis.



2. 2 kali camilan sehat

Tiga kali waktu makan utama bisa ditambahkan dengan 1-2 kali camilan. Namun, camilan yang dipilih haruslah sehat. Ini dapat membantu kurangi porsi makan utama Anda. Tambahkan satu atau dua camilan sepanjang hari, bisa berupa roti gandum, buah atau salad. Camilan juga bisa membantu meningkatkan kadar gula darah yang turun sehingga mencegah rasa ngantuk hingga pusing.

3. Makan setelah berolahraga
Olahraga bisa meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan keinginan dan kemampuan otot. Konsumsi karbohidrat sangat penting untuk oto Anda dan juga sebagai bahan baakr tubuh. Beberapa jenis karbohidrat juga baik dikonsumsi selama dan setelah olahraga.

Setelah olahraga, Anda bisa memilih jenis karbohidrat yang sehat setelah itu dilanjutkan dengan konsumsi makanan tinggi protein, sayuran dan lemak sehat di waktu makan berikutnya.

4. Vegan sebelum jam 6 sore

Penulis New York Times, Mark Bittman membuat pendekatan populer ketika ia sedang menurunkan berat badan. menurut Bittman, sejak ia bangun sampai makan malam ia konsumsi buah, sayuran, biji-bijian dan kacang polong. Kemudian ia menikmati makanan yang ia inginkan setelah jam 6 sore.

Jika ingin optimal, meskipun bebas memilih makanan apa saja, namun Anda juga harus mawas diri untuk tidak memilih makanan yang berkalori terlalu tinggi setelah jam 6 malam. Tetap batasi gula dan hindari makanan yang digoreng dengan minyak banyak.

5. Tidak makan setelah jam 8 malam
Menurut nutrisionis Susie Brrell, sebaiknya makan kurang dari pukul jam 8 malam. Ini supata tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna. Anda juga bisa menikmati camilan di jam 3-4 sore, kemudian disusul dengan makan malam porsi kecil di jam 7 malam.



Sumber : detik



Post a Comment

0 Comments