*Welcome to my Blog, Selengkapnya...

Thursday, January 5, 2017

5 Alasan Buku Cetak Tidak Akan Pernah Tergantikan oleh Teknologi

Pada artikel sebelumnya, Jaka pernah membahas bahwa buku mulai tergantikan fungsinya oleh teknologi seperti e-book. Namun, Jaka merasa bahwa buku cetak adalah sesuatu yang tidak akan pernah tergantikan oleh teknologi. Berikut Jaka ungkapkan 5 alasan kenapa buku tidak tergantikan oleh teknologi.


Kamu suka membaca? Bagi yang tidak suka membaca pun buku kadang memiliki kesan tersendiri. Jadi, bagaimana mungkin buku tergantikan teknologi?

5 Alasan Buku Cetak Tidak Tergantikan oleh Teknologi

1. Aroma Yang Khas

Buat kamu yang suka baca, aroma yang khas dari buku cetak sangatlah menyenangkan bukan? Apalagi buku yang baru saja dibuka dari kemasan. Jaka termasuk orang yang suka dengan aroma buku baru. Ayo ngaku, kamu juga kan? Walau kamu gak suka baca, pasti kamu suka aroma buku cetak yang khas.

2. Bisa Disentuh dan Dirasakan

Meski kamu gak suka baca, kamu yang jomblo bisa berpura-pura sibuk membaca buku loh. Jadi kamu gak terlihat memprihatinkan saat jalan sendirian ke mall atau cafe. Itulah gunanya buku cetak, bisa terlihat bahwa kamu sedang membaca buku. Kamu bisa merasakan lembar demi lembar halaman yang kamu baca, kerasakan kasar atau lembutnya permukaan kertas dan menyentuh tebalnya buku. Coba jika di e-book, kamu gak bisa menyentuh dan merasakan ketebalan bukunya kan?

3. Tidak Melukai Mata

Terlalu lama menatap layar smartphone bisa menyebabkan mata kamu rusak loh. Apalagi kalo smartphone kamu tidak dilengkapi teknologi bluelight. Bisa-bisa mata kamu cepat lelah dan rusak. Kebayang kan kalo kamu terus menerus menatap layar smartphone untuk membaca e-book? Selain cepat lelah, juga bisa merusak mata loh. Makanya mending baca buku cetak, asal jangan baca di dalam ruangan yang remang-remang.

4. Bisa Jadi Koleksi dan Hiasan

Salah satu yang menarik dari buku cetak bagi Jaka adalah buku bisa menjadi hiasan di ruang kamar Jaka. Karena Jaka cowok, Jaka gak bisa majang boneka dan pernak-pernik lucu kan? Makanya Jaka lebih suka menuhin lemari dan meja di kamar Jaka dengan buku. Coba e-book, mana bisa jaka pajang di meja?

5. Bisa Dicoret dan Digunting

Saat menemukan tulisan atau gambar menarik, Jaka kadang menggunting bagian tersebut untuk dijadikan kliping yang memudahkan Jaka membacanya lagi di lain waktu. Atau jika memang bukunya bagus, Jaka lebih memilih untuk menandai bagian tersebut dengan dicoret. Di buku cetak juga kita bisa menandatangani bukunya sebagai tanda kepemilikan kita. Ya kan? Coba di e-book, emang bisa ditandai?

Nah, itu tadi beberapa alasan yang membuat buku cetak tidak mudah tergantikan oleh teknologi seperti e-book. Apa kamu juga melakukan hal-hal tersebut? Atau kamu punya alasan lain yang membuat kamu suka memiliki buku cetak?

Meski memang saat ini hal itu masih kuat, namun entah 5 - 10 tahun mendatang, apakah buku cetak masih bisa bertahan?



Sumber : JalanTikus.com

 


 


 


 


 

 

0 comments:

Post a Comment

Komentar dengan sopan!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Ambar Syahputra | Produced by DNN Network | All Right Reserved
  • Terms/Privacy
  • Advertise
  • Login