*Welcome to my Blog, Selengkapnya...

Monday, November 14, 2011

Citibank: Pembobolan Dana Berlarut-larut karena Nasabah Tak Komplain


Jakarta - Pihak Citibank membenarkan praktik Malinda Dee membobol bank asal AS tersebut telah terjadi berlarut-larut. Sebab, kata Citibank, bukan karena pengawasan internal yang lemah, melainkan karena tidak adanya laporan dari nasabah yang dirugikan.

“Karena customer tidak pernah komplain. Kalau tidak pernah komplain kita tidak tahu (ada pembobolan dana nasabah),“ kata Manager Investigasi Citibank Landmark, Espandiary Akbar di sidang Malinda di PN Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Senin (14/11/2011).

Pernyataan tersebut menjawab tuduhan pengacara yang menyudutkan Citibank dengan menuding pengawasan internal Citibank lemah. Pengawasan lemah tersebut, serang pengacara, membuat Malinda dapat bermufakat dengan teller Dwi Herawati membobol dana nasabah.

“Ada dilakukan internal auditor kita secara rutin (mengaudit rekening koran nasabah). Dilakukan bukan bagian kita. Setelah laporan itu keluar, kita kirimkan ke nasabah. Tetapi tidak ada komplain,“ ucapnya.

“(Sehingga) terjadi adanya kerjasama antara Malinda-Dwi supaya bisa lolos. Ini tidak melalui prosedur. Seharusnya nasabah datang kepada teller atau dengan membawa surat. Seharusnya teller melihat customer datang,“ tambah Espandiary.

Akibat tidak adanya komplain nasabah tersebut, sejak 2007 Malinda-Dwi berhasil meloloskan 117 transaksi tanpa sepengetahuan Citibank. Jumlah dana yang telah ditransfer tidak kurang dari Rp 44 miliar.

“Dari 117 transaksi, 91 transaksi dilakukan terdakwa melalui teller Dwi. 90 persen dana sudah dikembalikan. 10 persen lagi masih menunggu,“ tukas Espandiary.

Sumber : detik

0 comments:

Post a Comment

Komentar dengan sopan!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Ambar Syahputra | Produced by DNN Network | All Right Reserved
  • Terms/Privacy
  • Advertise
  • Login