Tim perancang robot bernama "Bt-Al@m" dari Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berhasil menjuarai Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011 untuk Regional 1 Wilayah Sumatra di Batam, Kepulauan Riau.

"Sebelumnya tim robot `Bt-Al@m` menjuarai Devisi Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Battle `robosocer humanoid," kata Dosen Pembimbing Tim Robot "Bt-Al@m", Syaiful Amri, di Bengkalis, Senin.

Meskipun menduduki posisi sebagai "runner up", kata dia, hasil ini membawa tim robot Bengkalis untuk turut mengikuti final KRCI yang akan dilaksanakan di Yogyakarta pada Juni 2011 mendatang.

"Dengan usaha dan kerja keras, akhirnya salah satu tim robot polbeng (singkatan Politeknik Bengkalis-red) berhasil lolos di ajang KRCI Batam tahun 2011 untuk kategori KRCI Battle (robosocer humanoid)," kata Syaiful.

Atas prestasi yang ditunjukkan tim robot ini, Syaiful mengaku belum puas. Guna menghadapi final KRCI yang diselenggarakan di Yogyakarta Juni mendatang, lanjutnya, pihaknya akan terus melakukan persiapan semaksimal mungkin.

"Kami mohon doa restu dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bengkalis. Mudah-mudahan tahun 2011 ini, polbeng dapat kembali sukses dan meraih prestasi dalam kontes robot yang sangat bergengsi ini," demikian Syaiful. (FZR/Y006/K004)