Politeknik Negeri Batam, Provinsi Kepulauan Riau juara dalam tiga kategori kontes robot Indonesia wilayah Suamatra di gelanggang olahraga Tumenggung Abdul Jamal, Batam, Minggu.

Tiga robot karya mahasiswa-mahasiswi kontes robot Sumatera yaitu Robot Barelang 5.1 juara pertama kategori robot Indonesia (KRI), robot Barelang 2.1 juara pertama kategori kompetisi robot cerdas Indonesia (KRCI) berkaki dan kategori pemadam kebakaran, KRCI humanoid menjadi juara robot pemain bola.

Ketua tim Politeknik Negeri Batam, Rifki Amalifateka mengatakan keberhasilan timnya berkat kerja keras persiapan dalam 10 bulan.

"Kami melakukan persiapan sekitar 10 bulan untuk menghadapi kontes ini," , ujar

Dengan hasil itu, Politeknik Negeri Batam akan mewakili wilayah Sumatra pada kontes robot Indonesia nasional di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, 21-22 Juni 2011.

Menghadapi kompetisi nasional, kata Rifki, robot-robot tersebut akan disempurnakan. Tim Politeknik Negeri Batam terdiri dari enam orang, termasuk seorang dosen pembimbing.

"Semua anggota memiliki peran masing-masing dalam pembuatan robot," ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Politeknik Negeri Batam, Priyono Eko Sanyoto mengatakan meski menang, robot dari Politeknik Negeri Batam masih memiliki kekurangan.

Bahkan, robot peraih juara itu sempat macet pada bagian kontrolnya. "Kami akan sempurnakan untuk menghadapi kejuraan nasional," katanya.

Pada 2010, tim Politeknik Negeri Batam juga menjadi juara dalam kontes yang sama di Kota Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Selain Universitas Negeri Batam, beberapa universitas lain yang maju ke tingkat nasional antara lain STIMIK Potensi Utama Medan sebagai juara kedua KRI, dan juara ketiga dari Politeknik Manufaktur NegeriBangka Belitung