Header Ads Widget

5 Makanan khas Bandung yang murah tapi tidak murahan?


MagazinePlus - Bandung merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati. Kota yang terkenal dengan julukan Lautan api ini ternyata memiliki begitu banyak sejarah yang terkandung didalamnya. 

Kota Bandung juga terkenal dengan Gedung Sate, namun bukan berarti di gedung tersebut jual berbagai macam sate ya. Disebut sebagai Gedung Sate karena diatas bangunan tersebut terdapat ornament berbentuk tusuk sate berjumlah 6 buah. 

Bicara soal sate, jadi lapar ya foodies hehe. Baiklah kita lanjutkan topik dari artikel ini yaa. Apa saja sih makanan khas Kota Bandung yang murah tapi tidak murahan? Kita bahas dari yang paling sering kita temui.


1. Seblak 


Hayoo siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini? Ya betul seblak. Makanan bercita rasa gurih dan pedas ini merupakan makanan khas Bandung yang sangat popular. Berisikan kerupuk, mie kuning dan telur dengan tambahan macaroni, sosis, bakso serta ceker ayam. Buat foodies pecinta makanan pedas, wajib banget untuk mencicipi makanan khas Kota Bandung yang satu ini. 


2. Batagor


Makanan khas Kota Bandung yang kedua adalah batagor. Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng yang dibalur dengan saos kacang. Batagor dapat dijumpai dimana saja di Pulau Jawa. Kalau foodies berkunjung ke Kota Bandung, aku saranin untuk menyempatkan datang ke Batagor Kingsley dan Batagor Riri, dijamin pasti nagih.


3. Cilok


Makanan khas berikutnya yaitu cilok, aci dicolok. Cilok merupakan makanan yang terbuat dari tepung tapioca dengan isi daging dan di bentuk bulat seperti bakso kemudian direbus. Cilok sendiri memiliki tekstur yang kenyal dan ukurannya pun kecil. Kebanyakan anak-anak sangat menyukai cilok, namun perlu diperhatikan dan diingatkan kembali untuk tidak langsung menelannya walaupun ukurannya yang kecil, karena akan berbahaya dan membuat mereka tersedak.


4. Cireng


Makanan khas berikutnya yaitu cireng. Kalau tadi aci di colok sekarang aci di goreng. Sama seperti cilok, cireng terbuat dari tepung tapioca. Bedanya, kalau cilok direbus dan teksturnya pun kenyal, sedangkan cireng di goreng sehingga tekstur yang dihasilkan gurih dan kriuk. Bentuk dan isi dari cireng sangatlah beragam, ada yang berbentuk hati, bundar, segitiga dan bintang dengan isi keju, sosis, dan bakso.


5. Cuanki


Makanan terakhir yaitu cuanki. Cuanki merupakan makanan yang juga sangat popular dari Kota Bandung. 1 mangkok cuanki berisikan bakso goreng, bakso rebus, pangsit goreng, siomay dan diberi kuah yang khas. Kalau ke Bandung jangan lupa untuk sempatkan diri ke Cuanki Serayu, Cuanki Endos, dan Cuanki Dara Kembar ya foodies.


Oke segitu dulu yaa foodies, kalau ke Kota Bandung wajib untuk mencicipi kelima makanan tersebut. Tanpa ke Kota Bandung juga sebenarnya dapat mencicipi kelima makanan tersebut karena akan sangat mudah dijumpai dimanapun di pulau Jawa dan tentu saja dengan harga yang affordable. 



Penulis : Aisyah Indyani

Editor : Karin Evina T

Post a Comment

0 Comments