Header Ads Widget

Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Sakit Tipes, 3 Jenis Buah ini



MagazinePlusTipes atau demam tifoid adalah penyakit akut akibat infeksi bakteri Salmonella typhi, bakteri yang biasa hidup di kotoran. Menurut Kementerian Kesehatan, penyakit tipes umumnya terjadi saat mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri.


Memiliki gejala berupa demam, sakit perut, diare atau sembelit, sakit kepala, batuk, hingga kehilangan nafsu makan, pasien tipes harus menjaga pola makan selama masa pemulihan. Sejumlah makanan tidak bisa dikonsumsi saat terkena tipes, termasuk beberapa buah-buahan. Lantas, apa saja buah yang sebaiknya dihindari saat terserang tipes?

Dihimpun dari beragam sumber, berikut beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sakit tipes: 

1. Buah tinggi serat 

Buah kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Dilansir dari Healthline, pasien tipes sebaiknya mengonsumsi makanan rendah serat, seperti buah dan sayuran matang, serta biji-bijian yang sudah diolah.

Sebaliknya, konsumsi buah-buahan tinggi serat akan lebih baik apabila dibatasi, lantaran kondisi saluran pencernaan saat terinfeksi tipes tengah bermasalah. Adapun buah tinggi serat yang perlu dihindari, yakni buah-buahan dalam kondisi masih mentah.

2. Buah bercita rasa asam 

Buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sakit tipes selanjutnya adalah buah-buahan dengan rasa asam. Pasalnya, rasa asam dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga meningkatkan keluhan mual, muntah, perih di bagian perut, serta gangguan pencernaan lain. Beberapa buah asam yang perlu dibatasi, antara lain nanas, kiwi, dan buah-buahan yang dikeringkan.

Bukan hanya itu, pasien tipes juga harus membatasi makanan pedas dan makanan tinggi lemak yang sulit dicerna dan dapat meningkatkan asam lambung.

3. Buah yang menyebabkan gas

Pasien tipes sebaiknya menghindari makanan yang dapat menghasilkan gas dan membuat perut kembung, termasuk beberapa buah. Dikutip dari laman Very Well Health, beberapa buah dapat menghasilkan gas karena mengandung fruktosa, sorbitol, atau serat larut. Buah-buahan tersebut, antara lain:

Apel 
Aprikot 
Mangga 
Jeruk 
Persik 
Pir 
Plum 
Semangka. 

Beberapa olahan buah kering juga bisa menyebabkan gas, termasuk aprikot kering, prune, dan kismis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Jenis Buah yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Sakit Tipes", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/20/123000765/3-jenis-buah-yang-sebaiknya-tak-dikonsumsi-saat-sakit-tipes?page=2.


Sumber : Kompas.com

Post a Comment

0 Comments